Sabtu, 03 Maret 2012



AYAT AL-QUR’AN PERTAMA DAN TERAKHIR DITURUNKAN
(Ahmad Gazali, S.Ag,)


A.    Pendahuluan
Al-Quran yang secara harfiah berarti bacaan sempurna merupakan suatu nama pilihan Allah yang sangat tepat, karena tiada suatu bacaan pun sejak manusia mengenal tulis-baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Quran Al-Karim, bacaan sempurna lagi mulia.
Al-Quran menjadi bahan bacaan dan hafalan huruf demi huruf oleh ratusan juta orang dewasa, remaja, juga anak-anak. Juga menjadi objek perhatian serius baik segi ayatnya, kandungan isinya, waktu dan sebab turunnya, bahkan yang pertama dan terakhir pun diturunkan tidak luput dari perhatian umat Islam.
Penentuan ayat pertama dan terakhir diturunkan ternyata menuai aneka pendapat dan dilengkapi berbagai dalil yang beragam, tergantung wawasan pengetahuan yang dimiliki oleh para ahli tentang masalah ini.
Agar pembahasan dalam tulisan ini menjadi terarah, penulis membatasi masalah pada persoalan :
1.    Ayat apakah yang pertama kali diturunkan kepada Muhammad saw. ?
2.    Ayat apakah yang terakhir kali diturunkan kepada Muhammad saw. ?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis berusaha mengumpulkan beberapa pendapat yang berbeda untuk selanjutnya diadakan analisis sehingga diperoleh sebuah jawaban.

B.    Ayat Pertama Diturunkan
Para ulama berbeda pendapat tentang ayat Al Quran yang pertama atau yang mula-mula diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w.   Ada enam pendapat ulama tentang ayat Al Quran pertama yang diturunkan. Pendapat-pendapat tersebut adalah :
Pendapat pertama: ayat yang mula-mula diturunkan ialah ayat 1 hingga 5 surah al-Alaq.  Ayat tersebut ialah sebagaimana firman Allah :
                                 
1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah,
4. yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
    Pendapat ini didasarkan pada suatu hadis yang diriwayatkan oleh dua syeikh ahli hadis dan yang lain dari Aisyah r.a.
 حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنْ عُقَيْلٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ المُؤْمِنِينَ أَنَّهَا قَالَتْ: أَوَّلُ مَا بُدِئَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الوَحْيِ الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ فِي النَّوْمِ، فَكَانَ لاَ يَرَى رُؤْيَا إِلَّا جَاءَتْ مِثْلَ فَلَقِ الصُّبْحِ، ثُمَّ حُبِّبَ إِلَيْهِ الخَلاَءُ ، وَكَانَ يَخْلُو بِغَارِ حِرَاءٍ فَيَتَحَنَّثُ فِيهِ - وَهُوَ التَّعَبُّدُ - اللَّيَالِيَ ذَوَاتِ العَدَدِ قَبْلَ أَنْ يَنْزِعَ إِلَى أَهْلِهِ، وَيَتَزَوَّدُ لِذَلِكَ، ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى خَدِيجَةَ فَيَتَزَوَّدُ لِمِثْلِهَا، حَتَّى جَاءَهُ الحَقُّ وَهُوَ فِي غَارِ حِرَاءٍ، فَجَاءَهُ المَلَكُ فَقَالَ: اقْرَأْ، قَالَ: " مَا أَنَا بِقَارِئٍ "، قَالَ: " فَأَخَذَنِي فَغَطَّنِي حَتَّى بَلَغَ مِنِّي الجَهْدَ ثُمَّ أَرْسَلَنِي، فَقَالَ: اقْرَأْ، قُلْتُ: مَا أَنَا بِقَارِئٍ، فَأَخَذَنِي فَغَطَّنِي الثَّانِيَةَ حَتَّى بَلَغَ مِنِّي الجَهْدَ ثُمَّ أَرْسَلَنِي، فَقَالَ: اقْرَأْ، فَقُلْتُ: مَا أَنَا بِقَارِئٍ، فَأَخَذَنِي فَغَطَّنِي الثَّالِثَةَ ثُمَّ أَرْسَلَنِي، فَقَالَ: { اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ . خَلَقَ الإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ . اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأَكْرَمُ }  " رواه البخارى
Artinya :
     Permulaan wahyu yang diterima oleh Rasulullah saw ialah mimpi yang benar dalam tidur. Setiap kali bermimpi Rasulullah melihat ada yang datang bagaikan cahaya yang terang di pagi hari. Kemudian Rasulullah gemar mengasingkan diri. Ia pergi ke Gua Hira’ bertahannuth beberapa malam, dengan membawa perbekalan. Kemudian ia kembali ke rumah Khadijah dan Khadijah pun memberi bekal makanan seperti biasa. Sehingga akhirnya datanglah kebenaran kepadanya ketika ia berada di Gua Hira’ itu. Jibril datang kepadanya dan berkata: Bacalah, Rasulullah menjawab kepadanya: Aku tidak pandai membaca. “ lalu Jibril merangkul dan memelukku sehingga aku merasa sangat payah, kemudian dia melepaskan aku, lalu katanya: bacalah, aku menjawab : Aku tidak pandai membaca. Lalu dia merangkul dan memelukku untuk kali keduanya, sehingga aku merasa sangat payah, kemudian ia melepaskan aku, lalu katanya: bacalah, aku menjawab: Aku tidak pandai membaca. Lalu dia merangkul dan memelukku untuk ketiga kalinya sehingga aku merasa sangat payah, kemudian ia melepaskan aku, lalu katanya: Bacalah (wahai Muhammad) dengan nama Tuhan-Mu yang menciptakan (sekalian makhluk)….apa yang diketahuinya. (H.R. Bukhary)

Pendapat Kedua: pendapat kedua mengatakan yang pertama diturunkan ialah permulaan surah Al-Muddattsir yaitu : (يأيها المدثر): Wahai orang yang berselimut.  Pendapat ini berdasarkan hadis  berikut ini :
صحيح البخاري (الطبعة الهندية) - (1 / 2544)
وَقَالَ مُجَاهِدٌ [وَتَبَتَّلْ] أَخْلِصْ وَقَالَ الْحَسَنُ [أَنْكَالًا] قُيُودًا [مُنْفَطِرٌ بِهِ] مُثْقَلَةٌ بِهِ وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ [كَثِيبًا مَهِيلًا] الرَّمْلُ السَّائِلُ [وَبِيلًا] شَدِيدًا
سُورَةُ الْمُدَّثِّرِ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ [عَسِيرٌ] شَدِيدٌ قَسْوَرَةٌ رِكْزُ النَّاسِ وَأَصْوَاتُهُمْ وَكُلُّ شَدِيدٍ قَسْوَرَةٌ وَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ الْقَسْوَرَةُ قَسْوَرٌ الْأَسَدُ الرِّكْزُ الصَّوْتُ [مُسْتَنْفِرَةٌ] نَافِرَةٌ مَذْعُورَةٌ
4922 - حَدَّثَنَا يَحْيَى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْمُبَارَكِ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ سَأَلْتُ أَبَا سَلَمَةَ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَوَّلِ مَا نَزَلَ مِنَ الْقُرْآنِ قَالَ [يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ] قُلْتُ يَقُولُونَ [اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ] فَقَالَ أَبُو سَلَمَةَ سَأَلْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ ذَلِكَ وَقُلْتُ لَهُ مِثْلَ الَّذِي قُلْتَ فَقَالَ جَابِرٌ لَا أُحَدِّثُكَ إِلَّا مَا حَدَّثَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ جَاوَرْتُ بِحِرَاءٍ فَلَمَّا قَضَيْتُ جِوَارِي هَبَطْتُ فَنُودِيتُ فَنَظَرْتُ
عَنْ يَمِينِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا وَنَظَرْتُ عَنْ شِمَالِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا وَنَظَرْتُ أَمَامِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا وَنَظَرْتُ خَلْفِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا فَرَفَعْتُ رَأْسِي فَرَأَيْتُ شَيْئًا فَأَتَيْتُ خَدِيجَةَ فَقُلْتُ دَثِّرُونِي وَصُبُّوا عَلَيَّ مَاءً بَارِدًا قَالَ فَدَثَّرُونِي وَصَبُّوا عَلَيَّ مَاءً بَارِدًا قَالَ فَنَزَلَتْ [يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ قُمْ فَأَنْذِرْ وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ]
قَوْلُهُ [قُمْ فَأَنْذِرْ]

- حَدَّثَنَا يَحْيَى ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْمُبَارَكِ ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ سَأَلْتُ أَبَا سَلَمَةَ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ، عَنْ أَوَّلِ مَا نَزَلَ مِنَ الْقُرْآنِ قَالَ {يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ} قُلْتُ يَقُولُونَ {اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ} فَقَالَ أَبُو سَلَمَةَ سَأَلْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ ذَلِكَ وَقُلْتُ لَهُ مِثْلَ الَّذِي قُلْتَ فَقَالَ جَابِرٌ لاَ أُحَدِّثُكَ إِلاَّ مَا ، حَدَّثَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : جَاوَرْتُ بِحِرَاءٍ فَلَمَّا قَضَيْتُ جِوَارِي هَبَطْتُ فَنُودِيتُ فَنَظَرْتُ عَنْ يَمِينِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا وَنَظَرْتُ عَنْ شِمَالِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا وَنَظَرْتُ أَمَامِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا وَنَظَرْتُ خَلْفِي فَلَمْ أَرَ شَيْئًا فَرَفَعْتُ رَأْسِي فَرَأَيْتُ شَيْئًا فَأَتَيْتُ خَدِيجَةَ فَقُلْتُ دَثِّرُونِي وَصُبُّوا عَلَيَّ مَاءً بَارِدًا قَالَ : فَدَثَّرُونِي وَصَبُّوا عَلَيَّ مَاءً بَارِدًا قَالَ فَنَزَلَتْ {يَا أَيُّهَا الْمُدِّثِرُ قُمْ فَأَنْذِرْ وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ}.
339

Artinya :
Dari Abi Salamah bin Abdurrahman bin ‘Auf, dia berkata :di mana Abu Salamah : Saya telah bertanya kepada Jabir bin Abdullah, manakah ayat al-Quran itu yang turun sebelumnya(pertama  kali)? Beliau menjawab : (يأيها المدثر) wahai orang yang berselimut. Saya bertanya lagi: ataukah اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ  bacalah dengan nama Tuhanmu ? Beliau menjawab : Saya memberitahu kamu apa yang telah Rasulullah saw. beritahu kepada kami. Rasulullah saw. Bersabda : "Sesungguhnya aku mengasingkan diri di Gua Hira'. Setelah menyelesaikan masa pengasinganku itu, aku turun dan menyusuri ke lembah. Aku memandang ke hadapan, ke belakang, ke kanan dan kiri. kemudian aku memandang ke arah langit, tiba-tiba aku melihat Jibril sehingga merasa gemetar dan amat menakutkan aku. Lalu aku pulang menemui Khadijah dan aku menyuruh mereka supaya menyelimutku, lalu aku diselimuti. Maka Allah menurunkan ayat(يأيها المدثر) Wahai orang yang berselimut! Bangunlah serta berilah peringatan (kepada manusia)
427 - وَحَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الأَوْزَاعِىُّ قَالَ سَمِعْتُ يَحْيَى يَقُولُ سَأَلْتُ أَبَا سَلَمَةَ أَىُّ الْقُرْآنِ أُنْزِلَ قَبْلُ قَالَ يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ. فَقُلْتُ أَوِ اقْرَأْ. فَقَالَ سَأَلْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ أَىُّ الْقُرْآنِ أُنْزِلَ قَبْلُ قَالَ يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ. فَقُلْتُ أَوِ اقْرَأْ قَالَ جَابِرٌ أُحَدِّثُكُمْ مَا حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « جَاوَرْتُ بِحِرَاءٍ شَهْرًا فَلَمَّا قَضَيْتُ جِوَارِى نَزَلْتُ فَاسْتَبْطَنْتُ بَطْنَ الْوَادِى فَنُودِيتُ فَنَظَرْتُ أَمَامِى وَخَلْفِى وَعَنْ يَمِينِى وَعَنْ شِمَالِى فَلَمْ أَرَ أَحَدًا ثُمَّ نُودِيتُ فَنَظَرْتُ فَلَمْ أَرَ أَحَدًا ثُمَّ نُودِيتُ فَرَفَعْتُ رَأْسِى فَإِذَا هُوَ عَلَى الْعَرْشِ فِى الْهَوَاءِ - يَعْنِى جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ - فَأَخَذَتْنِى رَجْفَةٌ شَدِيدَةٌ فَأَتَيْتُ خَدِيجَةَ فَقُلْتُ دَثِّرُونِى. فَدَثَّرُونِى فَصَبُّوا عَلَىَّ مَاءً فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ ( يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ قُمْ فَأَنْذِرْ وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ) ».
__________
معانى بعض الكلمات :
دثرونى : غطونى بما أستدفئ به

Pendapat ketiga : Pendapat ketiga mengatakan yang pertama diturunkan ialah surah al-Fatihah. Mungkin yang dimaksudkan adalah surat yang pertama turun secara lengkap . Hadis yang menunjukkan pendapat ini adalah yang  diriwayatkan melalui Abu Ishaq dari Abu Maesaroh; dia berkata : ` Rasulullah saw. mendengar suara, ia berlari. Ia menyebutkan turunnya malaikat kepadanya serta kata-kata malaikat itu : `Katakanlah : `Alhamdulillahirabbil ‘alamiin dan seterusnya. Sebagaimana bunyi hadis berikut :

- حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ ، قَالَ : أَخْبَرَنَا إسْرَائِيلُ ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ ، عَنْ أَبِي مَيْسَرَةَ ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا بَرَزَ سَمِعَ مَنْ يُنَادِيهِ : يَا مُحَمَّدُ ، فَإِذَا سَمِعَ الصَّوْتَ انْطَلَقَ هَارِبًا ، فَأَتَى خَدِيجَةَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهَا ، فَقَالَ : يَا خَدِيجَةُ ، قَدْ خَشِيتُ أَنْ يَكُونَ قَدْ خَالَطَ عَقْلِي شَيْءٌ ، إِنِّي إِذَا بَرَزْتُ أَسْمَعُ مَنْ يُنَادِي ، فَلاَ أَرَى شَيْئًا ، فَأَنْطَلِقُ هَارِبًا ، فَإِذَا هُوَ عِنْدِي يُنَادِينِي ، فَقَالَتْ : مَا كَانَ اللَّهُ لِيَفْعَلَ بِكَ ذَلِكَ ، إِنَّك مَا عَلِمْتُ تَصْدُقُ الْحَدِيثَ ، وَتُؤَدِّي الأَمَانَةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ ، فَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَفْعَلَ بِكَ ذَلِكَ.
فَأَسَرَّتْ ذَلِكَ إِلَى أَبِي بَكْرٍ ، وَكَانَ نَدِيمًا لَهُ فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، فَأَخَذَ أَبُو بَكْرٍ بِيَدِهِ ، فَانْطَلَقَ بِهِ إِلَى وَرَقَةَ ، فَقَالَ : وَمَا ذَاكَ ؟ فَحَدَّثَهُ بِمَا حَدَّثَتْهُ خَدِيجَةُ ، فَأَتَى وَرَقَةَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ ، فَقَالَ وَرَقَةُ : هَلْ تَرَى شَيْئًا ؟ قَالَ : لاَ ، وَلَكِنِّي إِذَا بَرَزْتُ سَمِعْتُ النِّدَاءَ ، فَلاَ أَرَى شَيْئًا ، فَأَنْطَلِقُ هَارِبًا ، فَإِذَا هُوَ عِنْدِي ، قَالَ : فَلاَ تَفْعَلْ ، فَإِذَا سَمِعْتَ النِّدَاءَ فَاثْبُتْ حَتَّى تَسْمَعَ مَا يَقُولُ لَك.
فَلَمَّا بَرَزَ سَمِعَ النِّدَاءَ : يَا مُحَمَّدُ ، قَالَ : لَبَّيْكَ ، قَالَ : قُلْ : أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ، ثُمَّ قَالَ لَهُ : قُلَ : {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ، الرَّحْمَن الرَّحِيمِ ، مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ} حَتَّى فَرَغَ مِنْ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ ، ثُمَّ أَتَى وَرَقَةَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ ، فَقَالَ لَهُ وَرَقَةُ : أَبْشِرْ ، ثُمَّ أَبْشِرْ ، ثُمَّ أَبْشِرْ ، فَإِنِّي أَشْهَدُ أَنَّك الرَّسُولُ الَّذِي بَشَّرَ بِهِ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ : {بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ} ، فَأَنَا أَشْهَدُ أَنَّك أَنْتَ أَحْمَدُ ، وَأَنَا أَشْهَدُ أَنَّك مُحَمَّد ، وَأَنَا أَشْهَدُ أَنَّك رَسُولُ اللهِ ، وَلَيُوشِكُ أَنْ تُؤْمَرَ بِالْقِتَالِ ، وَلَئِنْ أُمِرْتَ بِالْقِتَالِ وَأَنَا حَيٌّ لأُقَاتِلَنَّ مَعَك ، فَمَاتَ وَرَقَةُ ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : رَأَيْتُ الْقَسَّ فِي الْجَنَّةِ ، عَلَيْهِ ثِيَابٌ خُضْرٌ.
) الكتاب : مُصنف ابن أبي شيبة
المصنف : أبو بكر عبد الله بن محمد بن أبي شيبة العبسي الكوفي (159 ـ 235 هـ)
تحقيق : محمد عوامة.
ملاحظات :
ـ رقما الجزء والصفحة يتوافقان مع طبعة الدار السلفية الهندية القديمة.
ـ ترقيم الأحاديث يتوافق مع طبعة دار القبلة.(
Hal. 292-293

حدثنا أبو عثمان سعيد بن أحمد بن محمد الزاهد قال: أخبرنا جدي قال: أخبرنا أبو عمرو الجبري قال: حدثنا إبراهيم بن الحارث وعلي بن سهل بن المغيرة قال: حدثنا يحيى بن بكير قال: حدثنا إسرائيل عن أبي إسحاق عن أبي ميسرة (أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان إذا برز سمع منادياً يناديه: يا محمد فإذا سمع الصوت انطلق هارباً فقال له ورقة بن نوفل: إذا سمعت النداء فاثبت حتى تسمع ما يقول لك قال: فلما برز سمع النداء: يا محمد فقال: لبيك قال: قل أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمداً رسول الله ثم قال: قل (الحَمدُ لِلَّهِ رَبِّ العالَمينَ الرَحمَنِ الرَحيمِ مالِكِ يَومِ الدينِ) حتى فرغ من فاتحة الكتاب وهذا قول علي بن أبي طالب

يَا خَدِيجَةُ ، قَدْ خَشِيتُ أَنْ يَكُونَ قَدْ خَالَطَ عَقْلِي شَيْءٌ ، إِنِّي إِذَا بَرَزْتُ أَسْمَعُ مَنْ يُنَادِي ، فَلاَ أَرَى شَيْئًا ، فَأَنْطَلِقُ هَارِبًا ، فَإِذَا هُوَ عِنْدِي يُنَادِينِي ، فَقَالَتْ : مَا كَانَ اللَّهُ لِيَفْعَلَ بِكَ ذَلِكَ ، إِنَّك مَا عَلِمْتُ تَصْدُقُ الْحَدِيثَ ، وَتُؤَدِّي الأَمَانَةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ ، فَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَفْعَلَ بِكَ ذَلِكَ.
فَأَسَرَّتْ ذَلِكَ إِلَى أَبِي بَكْرٍ ، وَكَانَ نَدِيمًا لَهُ فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، فَأَخَذَ أَبُو بَكْرٍ بِيَدِهِ ، فَانْطَلَقَ بِهِ إِلَى وَرَقَةَ ، فَقَالَ : وَمَا ذَاكَ ؟ فَحَدَّثَهُ بِمَا حَدَّثَتْهُ خَدِيجَةُ ، فَأَتَى وَرَقَةَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ ، فَقَالَ وَرَقَةُ : هَلْ تَرَى شَيْئًا ؟ قَالَ : لاَ ، وَلَكِنِّي إِذَا بَرَزْتُ سَمِعْتُ النِّدَاءَ ، فَلاَ أَرَى شَيْئًا ، فَأَنْطَلِقُ هَارِبًا ، فَإِذَا هُوَ عِنْدِي ، قَالَ : فَلاَ تَفْعَلْ ، فَإِذَا سَمِعْتَ النِّدَاءَ فَاثْبُتْ حَتَّى تَسْمَعَ مَا يَقُولُ لَك.
فَلَمَّا بَرَزَ سَمِعَ النِّدَاءَ : يَا مُحَمَّدُ ، قَالَ : لَبَّيْكَ ، قَالَ : قُلْ : أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ، ثُمَّ قَالَ لَهُ : قُلَ : {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ، الرَّحْمَن الرَّحِيمِ ، مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ} حَتَّى فَرَغَ مِنْ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ ، ثُمَّ أَتَى وَرَقَةَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ ، فَقَالَ لَهُ وَرَقَةُ : أَبْشِرْ ، ثُمَّ أَبْشِرْ ، ثُمَّ أَبْشِرْ ، فَإِنِّي أَشْهَدُ أَنَّك الرَّسُولُ الَّذِي بَشَّرَ بِهِ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ : {بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ} ، فَأَنَا أَشْهَدُ أَنَّك أَنْتَ أَحْمَدُ ، وَأَنَا أَشْهَدُ أَنَّك مُحَمَّد ، وَأَنَا أَشْهَدُ أَنَّك رَسُولُ اللهِ ، وَلَيُوشِكُ أَنْ تُؤْمَرَ بِالْقِتَالِ ، وَلَئِنْ أُمِرْتَ بِالْقِتَالِ وَأَنَا حَيٌّ لأُقَاتِلَنَّ مَعَك ، فَمَاتَ وَرَقَةُ ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : رَأَيْتُ الْقَسَّ فِي الْجَنَّةِ ، عَلَيْهِ ثِيَابٌ خُضْرٌ.

Pendapat keempat: Pendapat ini mengatakan ayat yang pertama diturunkan adalah بسم   الله الر حمن الرحيم Dengan nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Pendapat ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan daripada Ibn Jarir sanadnya daripada al-Dahhak daripada Ibn Abbas yang beliau berkata dengan maksudnya: permulaan yang diturunkan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad ialah Jibril berkata : Hai Muhammad, berlindunglah kepada Allah dan katakanlah: بسم الله الرحمن الرحيم Dengan nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.

أخبرنا أحمد بن محمد بن إبراهيم المقري قال: أخبرنا أبو الحسن علي بن محمد الجرجاني قال: أخبرنا أبو بكر محمد بن عبد الرحمن الجوهري قال: حدثنا محمد بن يحيى بن منده قال: حدثنا أبو كريب قال: حدثنا عثمان بن سعيد قال: حدثنا بشر بن عمار عن أبي رزق عن الضحاك عن ابن عباس أنه قال: أول ما نزل به جبريل على النبي صلى الله عليه وسلم قال: يا محمد استعذ ثم قل بسم الله الرحمن الرحيم.
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بن إبراهيم المقري قال: أَخْبَرَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ عَلِيُّ بْنُ محمد الجرجاني قال: أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرحمن الجوهري قال: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بن مندة قال: حَدَّثَنَا أبو كريب قال: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بن سعيد قال: حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ عُمَارَةَ، عَنْ أَبِي رَوْقٍ، عَنِ الضَّحَّاكِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: أَوَّلُ مَا نَزَلَ بِهِ جِبْرِيلُ عَلَى النَّبِيِّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَالَ: "يَا مُحَمَّدُ اسْتَعِذْ ثُمَّ قُلْ: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ".

Pendapat kelima dan keenam : Pendapat kelima mengatakan ayat yang pertama diturunkan adalah Surat Adl Dhuha . Sedangkan pendapat keenam mengatakan bahwa ayat pertama diturunkan adalah beberapa ayat dari permulaan Surat Al Muzammil.
Berdasarkan keenam pendapat di atas terlihat adanya perbedaan tapi sebenarnya sebagian bisa kita padukan dari beberapa dalil yang dipakai.  Az-Zarkasyi telah menyebutkan di dalam Al Burhan, hadis Aisyah yang menegaskan bahwa yang pertama kali turun adalah Iqra’ bismi rabbikal-ladzî khalaq dan hadis Jabir ialah Yâ ayyuhal muddattsir, qum fa andzir. Kemudian dia berkata : “Sebagian besar ulama menyatukan keduanya, yaitu bahwa Jabir mendengar Nabi menyatukan kisah permulaan wahyu dan dia mendengar bagian akhirnya (Ya ayyuhal muddattsir), sedang bagian pertamanya dia tidak mendengar (Iqra’ bismi rabbikal-ladzi khalaq).
Dari kedua hadis juga dapat kita adakan analis konten, dimana hadis Jabir yang mengisyaratkan bahwa Yâ ayyuhal muddattsir, qum fa andzir adalah ayat pertama turun dapat sangkal karena dari alur ceritanya bahwa Nabi menerima itu ketika minta diselimuti kepada Khadijah dan kejadian ini setelah Beliau pulang dari kejadian di Gua Hira, ini berarti ayat Yâ ayyuhal muddattsir, qum fa andzir turun setelah Nabi menerima wahyu di Gua Hira yakni Iqra’ bismi rabbikal-ladzi khalaq.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa Iqra’ bismi rabbikal-ladzi khalaq adalah ayat pertama kali yang diturunkan secara mutlak dan Muddattsir diturunkan sesudah Iqra’ bismi rabbikal-ladzi khalaq. Pendapat ini ditegaskaan pula oleh Ibnu Hibban dalam sahihnya : “diantara dua hadis ini tidak ada pertentangan, sebab yang pertama kali diturunkan adalah Iqra’ bismi rabbikal-ladzî khalaq di gua hira’.Ketika kembali kepada Khadijah r.a. dan Khadijah menyiramkan air dingin kepadanya. Allah menurunkan  di rumah khadijah ini : Yâ ayyuhal Muddattsir. Maka jelaslah ayat Al Quran pertama turun adalah Surat Al Alaq ayat 1 – 5 ketika Rasulullah saw. Di gua hira, lalu beliau pulang ke rumah Kadijah dalam keadaan gemetar dan minta diselimuti, kemudian Allah menurunkan Yâ ayyuhal muddattsir.
Mufassir Ibnu Katsir mengatakan bahwa ayat pertama turun adalah surat al-alaq dan  menyatakan bahwa ayat-ayat tersebut tidak mengandung urusan dakwah tetapi bersifat menyiapkan Nabi untuk menerima tugas.  Juga M. Quraisy Shihab menyatakan bahwa Muhammad saw.  Pada awal turunnya wahyu pertama (iqra’), belum dilantik menjadi Rasul. Dengan wahyu pertama itu, beliau baru merupakan seorang nabi, baru setelah turun wahyu kedualah baru ditugaskan untuk menyampaikan wahyu-wahyu yang diterimanya, dengan adanya firman Allah : “Wahai yang berselimut, bangkit dan berilah peringatan”(Q.s. Al Muddattsir : 1-2)
Untuk memperjelas bahwa kedua pendapat tersebut (pendapat pertama dan kedua) tidak bertentangan mari kita perhatikan berbagai penjelasan sebagai berikut :
a.    Maksud Jabir dalam hadis di atas adalah surah yang diturunkan sebelum Iqra’ secara penuh adalah Surah Al Muddattsir karena Iqra’ (Surat Al Alaq) hanya turun permulaan surah saja, yakni ayat 1 -5.
b.    Atau maksud Jabir bahwa Surah Muddattsir adalah surah pertama yang diturunkan setelah masa terhentinya wahyu.
c.    Ada pendapat maksud Jabir bahwa surah al Muddattsir adalah yang pertama turun berkaitan dengan kerasulan (risalah) atau perintah berdakwah, sedangkan ayat pertama Al Alaq adalah yang pertama turun berkaitan dengan kenabian (nubuwwah), atau pelantikan menjadi nabi.
d.    Pendapat lain bahwa maksud Jabir adalah surah al Muddattsir yang pertama kali turun dikaitkan dengan peristiwa khusus (asbabun nuzul).
e.    Pendapat yang lainnya menyatakan bahwa Jabir telah berijtihad sendiri, tetapi riwayat Aisyah lebih mendahuluinya dan didukung riwayat lain yang shahih, oleh karena itu hasil ijtihad pendapat Jabir bisa ditinggalkan.
Adapun tentang pendapat ketiga yang menyatakan bahwa ayat pertama turun adalah Surah Al Fatihah dengan dalil hadis yang diriwayatkan melalui Abu Ishaq dari Abu Maesorah; Musa Syahidin menyatakan bahwa hadis tersebut mursal  , pendapat ini juga sesuai dengan Al Qadhi Abu Bakar dalam kitabnya Al Intishar mengatakan bahwa hadis tersebut munqathi’ .
عن ابن عباس ومجاهد : هي أول سورة نزلت . والجمهور على أن الفاتحة أول ما نزل ثم سورة القلم { اقرأ باسم رَبّكَ الذى خَلَقَ }
Walaupun demikian Muhammad Abduh menguatkan pendapat ketiga di atas, yaitu ayat pertama Al Qur’an adalah Surat Al Fatihah dengan argumentasi sebagai berikut :
a.    Letaknya di permukaan Al Kitab
b.    Mengingat kandungannya yang lengkap meliputi seluruh isi Al Qur’an, yang mengharuskan kita memandang fihris ringkas lengkap bagi seluruh isi Al Qur’an
c.    Hadis yang diriwayatkan Al Baihaqi dalam Kitab Dalil An Nubuwwah.
Sementara tentang pendapat keempat yang menyatakan bahwa ayat Al Qur’an pertama adalah lafal basmalah menurut pengarang modul Ulumul Qur’an bahwa dalil tersebut lemah dan kurang berdasar.  Syekh Manna Al Qaththan menyebut hadis ini mursal.  Begitu pula pendapat kelima dan keenam yang berpendapat bahwa ayat Al Quran pertama turun adalah surat Adh Dhuha atau beberapa ayat dari permulaan Surat Al Muzammil menurut penulis pendapat ini tidak benar karena tidak ditemukan riwayat yang memperkuat kedua pendapat tersebut.
Berdasarkan beberapa pendapat yang berbeda tersebut di atas, akhirnya penulis berusaha  membuat rumusan yang dianggap dapat menjembatani semua pendapat yang dipersilihkan tentang ayat Al Qur’an yang pertama diturunkan sebagai berikut:
1.    Ayat pertama diturunkan adalah ayat-ayat dalam Surah al-'Alaq dengan ketentuan berikut :
a.    Ayat ke-1 sampai ke-5 adalah yang pertama diturunkan.
b.    Ia merupakan penurunan pertama berkaitan kenabian.
c.    Ia diturunkan bukan karena peristiwa khusus
2.    Surah al-Muddattsir merupakan surah pertama diturunkan yang berkaitan dengan ketentuan berikut:
a.     Surah al-Mudathir surah pertama diturunkan setelah putus wahyu
b.    Ia merupakan surah pertama berkaitan kerasulan dan suruhan menyebarkan atau menyampaikan dakwah.
c.    Penurunannya karena ada peristiwa khusus.
3.    Surah al-Fatihah merupakan surah pertama yang diturunkan dalam bentuk yang lengkap.


C.    Ayat Terakhir Diturunkan
1.     Ada yang berpendapat bahwa ayat yang terakhir adalah ayat mengenai riba. Ini berdasarkan pada hadis yang dikeluarkan oleh Bukhari daripada Ibnu Abbas, yang mengatakan bahwa ayat terakhir yang diturunkan adalah ayat tentang riba.
Firman Allah s.w.t :
              
278. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa Riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

2.    Ada yang berpendapat, ayat al-Qur’an yang terakhir diturunkan Surah Al Baqarah ayat 281  ialah :
•           •      
281. dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).

3.    Dikatakan yang terakhir kali turun itu ialah ayat tentang hutang, berdasarkan hadis yang diriwayatkan daripada Sa’id bin al-Musayyab : … “telah sampai kepadanya bahwa ayat al-Qu’ran yang paling muda di Arsy ialah ayat mengenai hutang.”

Firman Allah s.w.t :

                                           •       •                      •                 •  •                                           •           
282. Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau Dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, Maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). jika tak ada dua oang lelaki, Maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa Maka yang seorang mengingatkannya. janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, Maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. jika kamu lakukan (yang demikian), Maka Sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.
Ketiga riwayat ini dapat disatukan, yaitu bahwa ketiga-tiga ayat tersebut di atas diturunkan sekaligus langsung seperti yang dalam mushaf. Ayat mengenai riba, ayat peliharalah dirimu....., dan ayat tentang hutang, itu masih satu kisah. Setiap perawi menggambarkan bahwa sebahagian daripada yang diturunkan itu sebagai yang terakhir kali dan itu memang benar. Dengan demikian, maka ketiga ayat tersebut tidak saling bertentangan.
4.    Ada lagi yang berpendapat bahwa yang terakhir kali diturunkan adalah ayat tentang kalalah. Bukhari dan Muslim meriwayatkan daripada Barra’ bin ‘Azib, katanya : “ ayat yang terakhir diturunkan ialah Surah An Nisa ayat 176  :
Firman Allah s.w.t :
                                                         
176. mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah: "Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu): jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, Maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh harta saudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, Maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki dan perempuan, Maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat. dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.
5.    Pendapat yang lainnya yang terakhir diturunkan ialah Surat At Taubah ayat 128 :
Firman Allah s.w.t :
               
128. sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, Amat belas kasihan lagi Penyayang terhadap orang-orang mukmin.
            Mungkin yang dimaksudkan adalah ayat yang terakhir yang diturunkan daripada surah At-Taubah. Imam Muslim telah meriwayatkan daripada Ibnu Abbas, bahwa hadis ini menunjukkan bahwa surah ini adalah surah terakhir yang diturunkan kepada Rasulullah saw. karena ayat ini mengisyaratkan wafatnya Nabi Muhammad saw. sebagaimana yang difahami oleh sebagian sahabat atau mungkin juga surah ini surah yang terakhir diturunkan.


6.    Ada juga yang mengatakan bahawa yang terakhir kali turun adalah Surah Ali Imran ayat 195 :

Firman Allah s.w.t :

                            •   • •             •  
195. Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): "Sesungguhnya aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik."

7. Ada yang berpendapat, ayat yang terakhir turun ialah Surat An Nisa ayat 93  :
Firman Allah s.w.t :
     •            
93. dan Barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja Maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.
Ini didasarkan kepada hadis yang diriwayatkan Bukhari dan lainnya daripada Ibnu Abbas, ia berkata : ayat ini yaitu Surah An-Nisa’ ayat 93 adalah ayat yang terakhir dan tidak dinasakh oleh siapapun.

Ungkapan “ ia tidak dinasakh oleh siapapun” itu menunjukkan ayat itu ialah ayat yang terakhir turun dalam masalah hukum membunuh mukmin dengan disengajakan.

8.    Ada pendapat yang berdasarkan riwayat Muslim dari Ibnu Abbas, bahwa surah terakhir yang diturunkan adalah Surah An Nashr
Firman Allah :
      
1. apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,


9.    Menurut jumhur ayat terakhir turun adalah ayat ke-3 Surah Al-Maidah  :
                     •     
Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu.

    Dari beberapa pendapat tersebut di atas tentang ayat terakhir diturunkan dengan dalil-dalil yang digunakan dan menghimpunkan pendapat-pendapat ulama, maka penulis berusaha mengambil pendapat, yaitu  bahwa ayat terakhir turun adalah ayat ke-281 Surat Al Baqarah, dimana setelah ayat itu turun Rasulullah masih hidup sembilan malam,  berarti setelah itu tidak ada lagi wahyu turun.

D.    Kesimpulan
Kesimpulan penulis dalam tulisan ini adalah :
1.    Ayat Al Qur’an yang pertama diturunkan adalah Surah Al Alaq ayat 1 – 5 berhubungan dengan pengangkatan Muhammad saw. sebagai nabi, Surah Al Muddattsir pertama kali diturunkan berhubungan dengan pengangkatan sebagai rasul Muhammad saw. dan surah Al-Fatihah surah pertama diturunkan dalam bentuk yang lengkap (satu surah). Secara tematik ayat pertama turun : a) tentang makanan Surah-surah Al An’am ayat 145, An-nahl ayat 114 – 115, Al Baqarah ayat 173, dan Al-Maidah ayat 3.  b) tentang minuman Surah-surah Al-Baqarah ayat 219, An-Nisa ayat 43, dan Al Maidah ayat 90 – 91.
2.    Ayat Al-Qur’an yang terakhir diturunkan adalah Surah Al Baqarah ayat 281





DAFTAR PUSTAKA

 
Al-Bukhari, Al-Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al Mughirah , Al-Jami’ al-Musnad al-Shahih al Mukhtashar Min Umuri Rasulillah saw. wa sunnatihi wa ayyamih, Cet. ke-1,  tahqiq Muhammad Zahir bin Nashir al-Nashiri, Juz 1, T.t. : Dar Thuruq al-Najah, 1422 H.

Al-Qaththan, Syaikh Manna’ , Mabahits Fii Ulum al Qur’an, diterjemahkan oleh H. Aunur Rafiq El-Mazni dengan judul Pengantar Studi Ilmu Al Qur’an, Cet. ke-6, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2011.

An-Naisaburi, Muslim bin Al Hajjaj Abu Husayn Al-Qusyairi, Shahih Muslim, Tahqiq Muhammad Fu’ad Abdul Baqy, Beirut : Dar Ihya al Turast al-Araby, T.Th
An-naisaburi, Al-Syaikh Al-Imam Abu Hasan Ali bin Ahmad Al-Wahidi, Asbabun Nuzul, T.t., : T.p., T.Th.

Ash-Shiddieqy, T.M.Hasbi , Sejarah & Pengantar Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, Cet. ke-3,  Semarang : PT. Pustaka Rizki Putra, 2010.

Karim, Abdullah, Nuzul Al-Qur’an, Paper, (T,t : T.p, t.th)

Lasyin, Musa Syahaini , Al laei al hisani fi Ulum al Qur’an, Al-Qahirah : Dar al- Syuruq, 1968

Shihab, M. Quraish , Wawasan Al-Quran, Cet. ke-13, Bandung : Mizan, 2003.

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Quran, Cet. ke-27, Bandung : PT. Mizan Pustaka, 2004.

Syamsuddin,  Modul Mata Kuliah Ulumul Qur’an (1), Surakarta : Pesantren Mahasiswa Arroyan, 2008

Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahnya Juz 1 s/d 30, Cet. ke-3, Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2008.






Ahmad Gazali, S.Ag.                    NIM : 11.0211.0799




AYAT PERTAMA DAN YANG TERAKHIR DITURUNKAN
(DALAM ILMU AL QURAN)





Dosen Pengasuh
Prof. Dr. Abdullah Karim, M.Ag.













KONSENTRASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM
PROGRAM PASCASARJANA IAIN ANTASARI
BANJARMASIN
2011
KATA PENGANTAR

بسم الله الرّحمن الرّحيم
الحمد لله الذي أنزل القران بلسان عربيّ مبين. والصّلاة والسّلام على أشرف المرسلين وعلى اله وصحبه والتّابعين لهم بإحسان الى يوم الدّين. أشهد أن لاإله إلاّ الله وأشهد أنّ محمّدا عبده ورسوله.
    Alhamdulillah, bersyukur pada Allah swt. atas segala nikmat-Nya akhirnya penulis dengan izin-Nya dapat menyelesaikan tugas perkuliahan Ilmu Al-Quran (Ulumul Qur’an) berupa paper dengan judul Ayat Pertama dan Yang Terakhir Diturunkan.

    Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Pembawa Rohmah, Panutan Ummah, Baginda Nabi Muhammad saw. juga kepada para keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau yang setia hinga hari kiamat nantinya.

    Tulisan ini pada mulanya dimaksudkan untuk melengkapi tugas perkuliahan Pascasarjana IAIN Antasari Mata Kuliah Ilmu Quran (Ulumul Qur’an) yang diasuh oleh Bapak Prof. Dr. Abdullah Karim, M.Ag., namun ternyata sekarang menjadi pengetahuan yang sangat berharga dan tiada nilainya bagi penulis dimana sebelumnya penulis tidak mengetahui adanya perbedaan pendapat tentang ayat pertama dan terakhir turun dan sekarang terang sekali adanya perbedaan itu.

    Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam tulisan ini, tidak bisa disebutkan satu-persatu, hanya doa penulis haturkan, semoga segala kebaikan akan Allah balas dengan pahala yang berlipat ganda. Amiin Ya Robbal ‘Alamiin.

    Sebagai insan yang dhaif yang tak luput dari kesalahan dan kekhilafan, wawasan dan pengetahuan yang sangat kurang, tentunya tulisan ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karenanya dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan maaf yang sedalam-dalamnya dan penuh harapan, semoga tulisan berikutnya lebih baik dan terus lebih baik.

    Akhirnya penulis memohon kepada Allah, agar kiranya tulisan ini bisa menjadi kebaikan bagi penulis khususnya dan para pembaca umumnya juga bisa menjadi amal jariyah yang tak pernah putus-putus kebaikannya.




                            Banjarbaru,  Oktober 2011
                                Wassalam



                               Ahmad Gazali, S. Ag.
   NIM : 11.0211.0799


























DAFTAR ISI




HALAMAN JUDUL .................................................................................................. i
KATA PENGANTAR ............................................................................................... ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. iv
A.    Pendahuluan ........................................................................................................  1
B.    Ayat  Pertama Diturunkan ..................................................................................  1
Yang Pertama Diturunkan Secara Tematik ........................................................  15
C.    Ayat Terakhir Diturunkan ..................................................................................   9
D.    Kesimpulan .........................................................................................................  22
DAFTAR  PUSTAKA .............................................................................................  23























































الكتاب : التفسير الوسيط للزحيلي
المؤلف : د وهبة بن مصطفى الزحيلي
الناشر: دار الفكر - دمشق
الطبعة : الأولى - 1422 هـ
عدد الأجزاء : 3 مجلدات في ترقيم مسلسل واحد
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع، وهو ضمن خدمة مقارنة تفاسير]
Dauhibah bin Mushthafâ al Zuhaily, Al Tafsîr al Wasîth lil Zuhaily,(Damsyiq : Dâr al Fikr, 1422H), Cet. ke-1, Juz.3, h. 2091


Tidak ada komentar:

Posting Komentar